Kurikulum di Program Studi Teknik Elektro Program Magister Terapan berbasis pada Pusat Unggulan Teknik Otomasi Industri berbasis Teknologi Informasi (PUTOI-TIK) salah satu yang diunggulkan oleh Institusi Politeknik Negeri Jakarta. Kurikulum prodi diterapkan untuk menjawab permasalahan Kebutuhan Tenaga Ahli Bidang Rekayasa Teknik Elektro khususnya bidang Ilmu Rekayasa Teknik Listrik, Kontrol Industri (KI) dan Multimedia Broadband,  dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) sesuai dengan perkembangan kemajuan khususnya Industri 4.0.

Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Elektro Program Magister Terapan dibedakan atas kompetensi utama dan kompetensi pendukung. 

Mengacu pada Kepmendiknas No.045/U/2002, yang dimaksud dengan kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaannya. 


Kompetensi Utama

1. Kemampuan di bidang kerja

a. Mampu menerapkan, mengembangkan dan mengusulkan solusi masalah teknologi rekayasa di bidang elektro yang kontekstual dalam wujud rancangan rekayasa yang inovatif berdasarkan kedalaman kajian inisiatif strategis dan kecukupan analisis nilai tambah kompetitif, sehingga menjadi Lulusan yang  unggul dalam bidang Rekayasa Tenaga Listrik (RTL) atau Rekayasa Kontrol Industri (KI) atau Rekayasa Multimedia Broadband (MB).

b. Mampu mengembangkan dan menerapkan pengetahuan teknologi rekayasa di bidang teknik elektro lewat riset yang bermanfaat secara kontektual bagi masyarakat dan lingkungan dengan pendekatan inter atau multidisipliner pada bidang teknik elektro hingga menghasilkan karya aplikatif, inovatif, dan teruji, yang unggul pada  bidang Rekayasa Tenaga Listrik (RTL) atau  Rekayasa Kontrol Industri (KI) atau Rekayasa Multimedia Broadband (MB).

c. Mampu mengembangkan, menerapkan serta berkontribusi dalam perencanaan peta jalan riset serta mampu dan Unggul mengelola riset/eksperimen mandiri bidang teknik elektro.

 

2. Lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai

Mampu mengembangkan, menerapkan dan memecahkan permasalahan teknologi rekayasa di bidang elektro sesuai kaidah penerapan teknologi (desain praktikal, pembuatan prototipe dan cara pembuatan). Unggul pada bidang rekayasa Tenaga Listrik, Rekayasa Kontrol Industri dan rekayasa komunikasi Broadband.

 

3. Kemampuan Manajerial

a. Mampu mengambil keputusan hal-hal strategis pada teknologi rekayasa yang aplikatif di bidang elektro dan dapat mengelola kelompok studi  unggul secara mandiri.

b. Mampu mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri, dan secara efektif mengkomunikasikan informasi ide-ide  unggul, analisis, dan argumen dalam berbagai bentuk media, kepada komunitas di bidang teknik elektro, atau umum

 

Kompetensi Pendukung

a. Mampu membuat, menganalisa dan mengembangkan produk unggul perangkat keras aplikatif maupun middleware dalam bentuk prototipe yang mempunyai nilai inovatif. Prototipe mencakup ide, desain, rekayasa, dan ujicoba yang unggul.

b. Menyiapkan lulusan yang unngul sebagai leading edge positions di dunia industri elektro.

c. Mampu berkomunikasi dengan baik dan menyusun laporan tertulis dalam lingkup kerjanya.

d. Mampu bersikap dan berperilaku dalam masyarakat dan dalam karirnya sesuai dengan bidang ilmunya serta norma yang berlaku.

e. Mampu menerapkan dan menjalankan K3 (Keselamatan dan kesehatan kerja) dalam melaksanakan kegiatan.

f. Mampu bekerjasama serta mampu mengelola kelompok kerja.

g. Mampu membuat laporan beserta analisisnya.

 

Kompetensi Lainnya

a. Mampu secara mandiri membuka lapangan kerja (wirausaha) yang berkaitan dengan bidang Rekayasa Tenaga Listrik, Rekayasa Kontrol Industri, Rekayasa Komunikasi Broadband.

b. Mampu merancang dan mengembangkan inovasi teknologi di bidang Rekayasa Tenaga Listrik, Rekayasa Kontrol Industri, Rekayasa Komunikasi Broadband.